Destinasi Pesona Wisata Air Terjun Indah Nan Eksotis di Minahasa

Indonesia terdiri berasal dari sebagian pulau yang di dalamnya memiliki rtp slot banyak tempat wisata alam dengan ciri khas dan karakteristiknya masing-masing.

Tempat wisata bernuansa alam menjadi keliru satu destinasi wisatawan disaat mengunjungi suatu pulau. Di Pulau Sulawesi, Air Terjun Sendowan termasuk tempat wisata yang memiliki energi tarik tersendiri di mata wisatawan.

Sulawesi tidak hanya terkenal dengan sebagian pantainya, tetapi termasuk ada tempat-tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik termasuk air terjun.

Terdapat sebagian air terjun yang mampu dikunjungi di Sulawesi. Antara satu air terjun dengan air terjun lainnya memiliki keunikan tersendiri agar air terjun yang ada di Minahasa Selatan ini menarik untuk dikunjungi.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Sendowan

1. Mempunyai Karakteristik Berbeda dengan Air Terjun yang Lain

Air terjun setinggi kurang lebih 25 mtr. ini memiliki slot resmi karakteristik yang belum pasti dimiliki oleh air terjun lainnya. Air terjunnya benar-benar masih alami karena pemerintah setempat belum turun tangan untuk memperhatikan Air Terjun Sendowan secara spesifik baik berasal dari faktor infrastruktur maupun fasilitasnya.

2. Memiliki Asal Usul Nama yang Menarik

Nama air terjun yang ada di kawasan Minahasa Selatan ini sebenarnya kurang terkenal di kalangan wisatawan. Namun, tidak sedikit wisatawan yang penasaran dengan tempat wisata alami tersebut. Nama ‘Sendowan’ disinyalir mempunyai kisah tersendiri dengan peristiwa yang belum terungkap.

3. Hidden Gems di Minahasa Selatan

Selain menyuguhkan panorama alam yang cantik, air terjun yang masih perawan ini disebut-sebut termasuk keliru satu hidden gems yang terdapat di tempat Minahasa Selatan. Belum banyak yang menyadari keberadaan air terjun tersebut agar kecantikannya belum banyak terjamah oleh wisatawan.

Alamat, Rute Lokasi dan Tiket Masuk

Lokasi Air Terjun Sendowan terletak di Sulawesi Utara tepatnya di Kabupaten Minahasa Selatan. Air terjun yang berada di Kecamatan Amurang, Desa Lopana ini belum memiliki akses yang bagus untuk mampu hingga ke air terjunnya. Wisatawan mampu menuju ke wilayah gunakan kendaraan sepeda motor atau mobil.

Rute yang mampu ditempuh adalah lewat Jembatan Ranoyapo, Amurang. Dari jembatan tersebut, wisatawan mampu ikuti Jl. Trans Sulawesi hingga bersua perempatan Tugu KKO.

Dari tugu KKO, wisatawan mampu lurus menuju ke arah Pengadilan Negeri Amurang. Setelah melewati pengadilan, wisatawan ikuti jalur hingga menemukan Jl. Gn. Soputan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan

Hunting Foto di Air Terjun Sendowan

Kawasan air terjun masih benar-benar alami agar jangan heran jika wisatawan menemukan bermacam style flora maupun fauna di dalamnya. Termasuk hewan-hewan liar yang hidup di di dalam hutan. Wisatawan mampu berfoto dengan background hutan alami yang didominasi dengan warna pepohonan dan dedaunan hijau

Meniti Akar Pohon Besar

Perjuangan meraih wilayah air terjun tidaklah mudah bagi sebagian wisatawan yang belum dulu mengeksplorasi alam.

Bentuk perjuangan untuk ke wilayah diwujudkan di dalam sebagian jalur yang tergolong susah untuk dilalui. Salah satunya adalah dengan menjalani akar berasal dari pohon besar untuk mampu melanjutkan perjalanan ke lokasi.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Untuk tempat parkir kendaraan, wisatawan mampu menitipkannya di rumah-rumah warga perumahan yang membuka jasa penitipan kendaraan. Tidak ada warung makan di kawasan air terjun agar wajib mempunyai bekal sendiri.

Toilet termasuk tidak ada disana agar jika wisatawan mendambakan BAB atau BAK, mampu ke rumah warga singgah ke kamar mandinya. Hanya ada sarana berbentuk jembatan bambu yang hanya mampu dilewati 1 orang saja dengan pegangan berasal dari bambu di segi kirinya.

Air Terjun Sendowan termasuk tempat wisata yang belum banyak terjamah oleh manusia. Sehingga mampu dikatakan, tempat wisata tersebut merupakan hidden gems yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan.